Skripsi
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING PADA MATERI PROGRAM LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS XI
Dalam kurikulum 2013 kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu dari tujuan pembelajaran matematika yaitu peserta didik mampu mengkomunikasikan ide untuk menyelesaikan masalah. Penelitian yang relevan mengungkapkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih rendah sehingga dibutuhkannya perubahan dalam metode pembelajaran. Metode yang ditawarkan yaitu Blended Learning dengan tujuan untuk melihat kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Subjek akan dipilih berdasarkan rekomendasi guru mata pelajaran matematika. Data dikumpulkan melalui angket, tes, dan wawancara yang kemudian akan dianalisis berdasarkan jenis data. Setelah penelitian dilaksanakan, didapatkan bahwa sebagian besar kemampuan komunikasi matematis pada materi program linear muncul. Peserta didik mampu menempatkan tanda ketaksamaan dengan tepat dan mampu menuliskan bentuk-bentuk pertidaksamaan dalam soal cerita, subjek juga mampu melabelkan pertidaksamaan menjadi fungsi kendala maupun fungsi batasan serta mampu merumuskan fungsi tujuan. Subjek mampu menentukan titik potong terhadap sumbu x dan sumbu y dengan baik meskipun masih terdapat kekeliruan pada proses perhitungan maupun pemecahan masalah hingga mensubtitusi titik potong kedalam grafik penyelesaian. Sementara itu subjek masih belum mampu menterjemah grafik yang sudah dibuat.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107005078 | T59998 | T599982021 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available