Skripsi
KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI POLA BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO MELALUI PENDEKATAN PMRI DAN COLLABORATIVE LEARNING SISWA KELAS VIII
Siswa perlu memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik saat mempelajari materi pola bilangan. Penggunaan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran agar memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis setelah dilaksanakan proses pembelajaran menggunakan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning pada materi pola bilangan siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A SMP Srijaya Negara Palembang yang berjumlah 25 siswa (12 laki-laki dan 13 perempuan) dari total 39 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes tertulis yang terdiri dari dua soal tes, dan wawancara. Teknik analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa setelah proses pembelajaran menggunakan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning pada materi pola bilangan siswa kelas VIII.A SMP Srijaya Negara Palembang adalah baik, dengan nilai rata-ratanya 68,89. Indikator yang paling banyak muncul adalah “mengajukan dugaan”, sedangkan indikator yang paling sedikit muncul adalah “menarik kesimpulan”. Penggunaan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning selama pembelajaran dapat menjadikan siswa memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107005076 | T60813 | T608132021 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available