The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI POLA BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO MELALUI PENDEKATAN PMRI DAN COLLABORATIVE LEARNING SISWA KELAS VIII

Skripsi

KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI POLA BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO MELALUI PENDEKATAN PMRI DAN COLLABORATIVE LEARNING SISWA KELAS VIII

Nabila, Siti - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Siswa perlu memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik saat mempelajari materi pola bilangan. Penggunaan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran agar memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis setelah dilaksanakan proses pembelajaran menggunakan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning pada materi pola bilangan siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A SMP Srijaya Negara Palembang yang berjumlah 25 siswa (12 laki-laki dan 13 perempuan) dari total 39 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes tertulis yang terdiri dari dua soal tes, dan wawancara. Teknik analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa setelah proses pembelajaran menggunakan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning pada materi pola bilangan siswa kelas VIII.A SMP Srijaya Negara Palembang adalah baik, dengan nilai rata-ratanya 68,89. Indikator yang paling banyak muncul adalah “mengajukan dugaan”, sedangkan indikator yang paling sedikit muncul adalah “menarik kesimpulan”. Penggunaan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning selama pembelajaran dapat menjadikan siswa memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2107005076T60813T608132021Central Library (Reference)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T608132021
Publisher
Inderalaya : Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2021
Collation
xiii, 80 hlm.; tab.; ilus.; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.390 780 7
Content Type
Text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
MI
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI POLA BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO MELALUI PENDEKATAN PMRI DAN COLLABORATIVE LEARNING SISWA KELAS VIII
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search