The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH MODEL PERMAINAN

Skripsi

PENGARUH MODEL PERMAINAN "LAVINDO" TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG COVID-19

Mei, Nurros - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

COVID-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus jenis baru dan dapat menginfeksi manusia melalui percikan batuk dan bersin orang terinfeksi atau menyentuh permukaan yang telah terkontaminasi virus. Kelompok anak-anak ialah salah satu populasi yang rentan terinfeksi virus ini sehingga perlu adanya pemberian informasi yang mudah dipahami untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak mengenai COVID-19. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan kegiatan pendidikan kesehatan. Media yang cocok diterapkan untuk anak usia sekolah adalah model permainan “LAVINDO”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model permainan “LAVINDO” dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang COVID-19. Desain penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan pretest-posttest control group. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 40 siswa yang terbagi dalam 2 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari siswa kelas IV, V, dan VI yang berusia 9-11 tahun. Uji statistik yang digunakan adalah uji t berpasangan yang menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pengetahuan siswa sebelum dan setelah intervensi dengan p value sebesar 0,000 (α=0,05) pada kelompok perlakuan. Hasil uji t tak berpasangan pada kedua kelompok menunjukkan p value = 0,183 (p > 0,05) yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara model permainan “LAVINDO” dan ceramah interaktif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang COVID-19. Penelitian ini menunjukkan model permainan “LAVINDO” dan ceramah interaktif dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang COVID-19, namun kelompok perlakuan memiliki nilai rata-rata pengetahuan lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Model permainan “LAVINDO” ini dapat dijadikan media yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang COVID-19.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2107005381T57624T576242021Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T576242021
Publisher
Indralaya : Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran., 2021
Collation
xvi, 101 hlm,: ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
610.07
Content Type
Text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
iLMU KESEHATAN
Prodi Ilmu Keperawatan
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
MURZ
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENGARUH MODEL PERMAINAN "LAVINDO" TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG COVID-19
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search