Skripsi
KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE PISA PADA MATERI POLA BILANGAN
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal tipe PISA materi pola bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan secara tatap muka, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Tanjung Batu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi siswa, tes kemampuan numerasi dan wawancara siswa. Dalam penelitian ini digunakan 2 soal dengan menggunakan framework PISA dengan konteks COVID-19. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang sudah dilakukan, siswa sudah mampu menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang berkaitan dengan matematika dasar dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari dengan cukup baik walapun masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan rumus pola dari barisan bilangan yang dibuat. Pada indikator menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan dan lain sebagainya) indikator ini merupakan indikator yang paling banyak muncul. Sedangkan pada indikator menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan merupakan indikator yang sedikit muncul di bandingkan kedua indikator lainnya. Akan tetapi secara keseluruhan indikator ini bisa dikatakan cukup baik karna terdapat siswa yang mampu menafsikarkan pola yang sudah mereka dapatkan dan mengambil keputusan dengan benar.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107005055 | T61080 | T610802021 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available