Skripsi
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DI KELAS VII SMP NEGERI 4 PRABUMULIH
Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Prabumulih setelah diterapkan model pembelajaran flipped classroom. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII.8 SMP Negeri 4 Prabumulih yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis terdiri dari 2 soal pemecahan masalah matematis yang selanjutnya dianalisis sesuai indikator pemecahan masalah matematis yaitu memahami permasalahan, menentukan rencana dengan tepat, melaksanakan rencana, dan memeriksa jawaban yang dikerjakan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rincian bahwa 26,67% siswa berkategori baik, 26,67% siswa berkategori cukup, 33,33% siswa berkategori kurang, dan 13,33% siswa berkategori sangat kurang. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang paling banyak muncul adalah melaksanakan rencana sebesar 61,67%, sedangkan persentase kemunculan terendah adalah memeriksa kembali jawaban yang dikerjakan sebesar 6,67%. Secara keseluruhan nilai rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Prabumulih setelah diterapkan model pembelajaran flipped classroom adalah 42,91% yang berkategori cukup. Oleh sebab itu, perlu adanya proses pembelajaran yang membiasakan siswa didalam menghadapi permasalahan rutin dan non rutin, mempersiapkan waktu lebih banyak saat proses pembelajaran, dan kondisi pembelajaran yang menyenangkan serta mengasyikkan sehingga akan tercipta suasana nyaman dan kondusif yang akan membuat peserta belajar dengan optimal.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107004430 | T60804 | T608042021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available