Skripsi
PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA MATERI PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DI SMP
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar aktivitas siswa (LAS) materi persamaan kuadrat berbasis pemecahan masalah yang valid dan praktis serta melihat efek potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan tes. Kevalidan lembar aktivitas dapat dilihat dari tiga aspek yaitu isi, konstruk, dan bahasa yang termuat dalam lembar validasi pada tahap expert review serta berdasarkan komentar/saran dari hasil uji coba one to one. Kepraktisan lembar aktivitas siswa dapat dilihat dari hasil perhitungan angket yang diberikan dan berdasarkan pengamatan pada tahap small grup serta melihat efek potensial kemampuan pemecahan masalah siswa pada tahap field test. Dari hasil lembar validasi expert diperoleh rata-rata presentase sebesar 84,9% yang termasuk kriteria cukup valid dan dari hasil angket kepraktisan diperoleh rata-rata presentase 83,8% yang termasuk kriteria praktis. Berdasarkan validasi expert review dan uji coba one to one serta small grup maka diperoleh lembar aktivitas siswa yang valid dan praktis. LAS yang dikembangkan juga memiliki efek potensial terahadap kemampuan pemecahan masalah dilihat dari hasil tes secara keseluruhan peserta didik dapat menyelesaikan soal tes yang diberikan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 siswa terkategori sangat baik dengan persentase 28,5%, 7 siswa terkategori baik dengan persentase 50%, 1 siswa terkategori baik dengan persentase 7,1% dan 2 siswa terkategori kurang dengan persentase 14,28%.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107004427 | T60903 | T609032021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available