Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA PPKN YANG SUDAH MENGAMBIL MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM MERANCANG RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah perencanaan pembelajaran dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling tipe Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Populasi penelitian berjumlah 73 orang sehingga diambil sampel sebanyak 20 orang informan menggunakan kriteria Indeks Prestasi Komulatif (IPK) diatas 3.50. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah perencanaan pembelajaran dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) diperoleh persentase dengan nilai rata-rata 83.13% jika mengacu pada kriteria interval maka termasuk dalam kategori baik. Dapat dilihat dari RPP yang dibuat sudah terdapat komponen-komponen TPACK, hasil wawancara juga menunjukkan kemampuan yang baik dalam menjawab pertanyaan terkait pembuatan RPP berbasis TPACK. Kata Kunci: Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK).
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107004989 | T61995 | T619952021 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available