Skripsi
PENGARUH PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS TPACK TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI UPT SMA NEGERI 1 PALEMBANG
Pentingnya pembelajaran yang ideal dan inovatif dengan pemanfaatan teknologi sangat diperlukan pada era pembelajaran abad-21. Sejalan dengan kurikulum 2013 memiliki empat hal seperti, penguatan HOTS (High Order Thinking Skill), literasi, (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Innovative, Creativity (4C) dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Bahan ajar berbasis TPACK merupakan pembelajaran yang memperhatikan aspek-aspek tersebut dengan memiliki 3 komponen utama yaitu, integrasi teknologi, konten, dan pendekatan pedagogik guru. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan bahan ajar berbasis TPACK terhadap peningkatan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental design dalam bentuk one-grup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini seluruh kelas XII IPA dan IPS dengan sampel penelitian kelas XII IPS 2 yang berjumlah 31 orang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan bahan ajar berbasis TPACK dapat meningkatkan karakter peserta didik. Hal tersebut terbukti dari hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji paired t-test dengan bantuan SPSS 26 diapatkan nilai signifikan sebesar .000 dan nilai (α) sebesar .05. Dengan demikian hasil yang diperoleh adalah sig. < α (.000 < .05) maka keputusan yang diambil H0 ditolak dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan bahan ajar berbasis TPACK terhadap karakter peserta didik pada kelas XII UPT SMA Negeri 1 Palembang
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107005016 | T62260 | T622602021 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available