The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS TPACK TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI UPT SMA NEGERI 1 PALEMBANG

Skripsi

PENGARUH PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS TPACK TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI UPT SMA NEGERI 1 PALEMBANG

Susanti, Emi - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Pentingnya pembelajaran yang ideal dan inovatif dengan pemanfaatan teknologi sangat diperlukan pada era pembelajaran abad-21. Sejalan dengan kurikulum 2013 memiliki empat hal seperti, penguatan HOTS (High Order Thinking Skill), literasi, (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Innovative, Creativity (4C) dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Bahan ajar berbasis TPACK merupakan pembelajaran yang memperhatikan aspek-aspek tersebut dengan memiliki 3 komponen utama yaitu, integrasi teknologi, konten, dan pendekatan pedagogik guru. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan bahan ajar berbasis TPACK terhadap peningkatan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental design dalam bentuk one-grup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini seluruh kelas XII IPA dan IPS dengan sampel penelitian kelas XII IPS 2 yang berjumlah 31 orang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan bahan ajar berbasis TPACK dapat meningkatkan karakter peserta didik. Hal tersebut terbukti dari hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji paired t-test dengan bantuan SPSS 26 diapatkan nilai signifikan sebesar .000 dan nilai (α) sebesar .05. Dengan demikian hasil yang diperoleh adalah sig. < α (.000 < .05) maka keputusan yang diambil H0 ditolak dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan bahan ajar berbasis TPACK terhadap karakter peserta didik pada kelas XII UPT SMA Negeri 1 Palembang


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2107005016T62260T622602021Central Library (Reference)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T622602021
Publisher
Inderalaya : Prodi Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2021
Collation
xvi, 90 hlm.; tab.; ilus.; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.390 7
Content Type
Text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
metode pengajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
MI
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENGARUH PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS TPACK TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI UPT SMA NEGERI 1 PALEMBANG
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search