Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK (WEBSITE) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 SEKAYU
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TPACK(Website) Terhadap Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Di SMPN 1 Sekayu Oleh Lisa Elizka Gempita Nomor Induk Mahasiswa 06051381823052 Pembimbing: Kurnisar, S. Pd., M.H Abstrak Pentingnya menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan pemanfaatan teknologi sangat diperlukan pada era pembelajaran abad-21. Sejalan dengan kurikulum 2013 memiliki 4 hal seperti, penguatan HOTS (High Order Thinking Skill), literasi, (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Innovative, Creativity (4C), dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Media pembelajaran berbasis TPACK merupakan media pembelajaran yang mengintegrasikan tiga komponen utama yaitu, integrasi teknologi, konten, dan pendekatan pedagogik guru. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis TPACK terhadap pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-experimental design dalam bentuk one-grup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sekayu dengan sampel penelitian kelas VII1 yang berjumlah 36 peserta didik diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis TPACK dapat memiliki pengaruh terhadap pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik. . Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis TPACK(website) dapat mempengaruhi pembentukan karakter tanggun jawab peserta didik dengan rata-rata sebesar 79% setelah menggunakan media pembelajaran berbasis TPACK(Website). Hal ini terbukti dari uji hipotesis menggunakan rumus uji regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 28 didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 dan nilai (a) sebesar 0,05. Dengan demikian hasil yang diperoleh adalah sig. < a(0,000 < 0,05) atau membandingkan nilai yang diperoleh antara thitung dan ttabel, yaitu thitung = 3,920 dan ttabel = 2,042 maka keputusan yang diambil H0 ditolak dan menerima Ha Keywords: Media Pembelajaran, TPACK, Karakter Tanggung Jawab
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107005015 | T62104 | T621042021 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available