Skripsi
KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI SPLDV MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO MELALUI PENDEKATAN PMRI DAN COLLABORATIVE LEARNING SISWA KELAS VIII
Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan yang fundamental untuk dapat dikuasai oleh siswa dikarenakan kemampuan penalaran matematis akan membantu siswa untuk memahami konsep matematika yang abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa pada materi SPLDV setelah dilaksanakan proses pembelajaran menggunakan media video melalui pendekatan PMRI dan Collaborative Learning pada siswa kelas VIII. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Palembang dengan jumlah 27 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes tertulis dengan 2 buah soal, dan wawancara. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penayajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Palembang termasuk dalam kategori baik. Indikator yang paling banyak muncul adalah menyajikan pernyataan matematika, manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan. Sedangkan indikator yang jarang muncul adalah mengajukan dugaan dan memeriksa kesahihan argumen.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107005014 | T61314 | T613142021 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available