Skripsi
KEMAMPUAN ARGUMENTASI MATEMATIS SISWA KELAS 7 DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan argumentasi matematis siswa kelas 7 pada pembelajaran menggunakan soal tipe PISA konten change and relationship. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas 7 SMP Negeri 1 OKU. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui observasi keaktifan siswa selama kegiatan pembelajaran, tes tertulis dengan 2 butir soal tipe PISA dengan indikator kemampuan argumentasi matematis, dan wawancara semi terstruktur. Kemampuan argumentasi matematis dianalisis melalui soal tes evaluasi yang diberikan setelah diterapkannya aktivitas pembelajaran dengan pendekatan PMRI menggunakan soal adaptasi PISA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa kelas VII.7 SMP Negeri 1 OKU, dalam menyelesaikan soal tipe PISA change and relationship telah memiliki kemampuan argumentasi matematis yang cukup baik. Siswa dapat menyampaikan argumentasi matematisnya dengan baik jika argumen tertulis dilakukan secara beriringan dengan argumen lisan. Indikator yang paling banyak muncul yaitu indikator klaim, disusul dengan indikator data, jaminan, dan pendukung. Dan indikator yang jarang muncul yaitu indikator batasan dan bantahan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107004962 | T60961 | T609612021 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available