Skripsi
KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IX PADA PEMBELAJARAN PEMBUKTIAN KEKONGRUENAN SEGITIGA MENGGUNAKAN STRATEGI TWO-COLUMN PROOFS
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX pada materi kekongruenan segitiga setelah mendapat pengajaran pembuktian menggunakan strategi two-column proofs. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.2 SMP Negeri 1 Palembang yang berjumlah 25 siswa. Pada pertemuan pertama dan kedua, siswa diajarkan bagaimana cara melakukan pembuktian kekongruenan segitiga menggunakan strategi two-column proofs. Data diperoleh dari tes tertulis yang terdiri dari 3 butir soal uraian yang telah disesuaikan dengan indikator kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa adalah pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 64,33. Siswa dikategorikan cukup karena sebagian siswa sudah memenuhi keempat indikator penalaran. Siswa juga sudah memahami bahwa dalam menyusun bukti, terlebih dahulu mengidentifikasi fakta-fakta yang ada, lalu mengembangkan argumen berdasarkan fakta-fakta tersebut dengan menggunakan alasan yang valid. Lalu, pada saat memberikan argumen untuk menunjukkan bukti, siswa mengalami kendala konseptual dan prinsipal sehingga gagal memberikan argumen yang valid.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107004951 | T61390 | T613902021 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available