Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS FABEL BERBASIS APLIKASI CANVA KELAS VII YAYASAN MU’ALIMIN ISLAMIYAH MUSI BANYUASIN
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru kelas VII Yayasan Mu’alimin Islamiyah terhadap pembelajaran teks fabel berbasis aplikasi canva, (2) mendeskripsikan rancangan media pembelajaran menyimak teks fabel berbasis aplikasi canva, (3) mendeskripsikan hasil validasi terhadap media pembelajaran menyimak teks fabel berbasis aplikasi canva. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE yang telah dimodifikasi, yaitu (1) tahap analisis, (2) tahap perancangan, dan (3) tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan adalah wawancara, angket, dan lembar penilaian validasi. Media pembelajaran menyimak teks fabel ini dikembangkan berdasarkan kebutuhan peserta didik dan guru. Penilaian validasi ahli terdiri dari beberapa aspek yaitu aspek media, aspek bahasa, dan aspek materi. Hasil validasi aspek media memperoleh nilai 66 dari total 90 dengan rerata skor 3,66, aspek bahasa memperoleh nilai 13 dari total 20 dengan rerata skor or 3,25, aspek materi memperoleh nilai 39 dari total 45 dengan rerata skor 4,3. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan media pembelajaran menyimak teks fabel berbasis aplikasi canva dinyatakan valid. Kata kunci: penelitian dan pengembangan, aplikasi canva, teks fabel
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107004934 | T63905 | T639052021 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available