Skripsi
DESAIN PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR KUALITATIF UNTUK SISWA SMA
Penelitian ini adalah penelitian design research dengan tipe validation studies yang bertujuan untuk menghasilkan lintasan pembelajaran pada topik geometri dimensi tiga untuk mendukung keterampilan berpikir kualitatif siswa dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Hypothetical Learning Trajectory (HLT) akan disempurnakan melalui tahap pembelajaran yang akan dilakukan di kelas. Kegiatan yang dibuat dan dirancang dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk mendukung proses pembelajaran. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Palembang, dengan fokus penelitian 6 orang siswa dengan kemampuan bervariasi, yaitu tinggi, sedang, dan rendah yang dipilih berdasarkan hasil nilai harian pada semester sebelumnya serta rekomendasi guru mata pelajaran matematika. Ada tiga tahap dalam melakukan penelitian ini, yaitu: (1) Preparation Phase; (2) Design experiments terdiri dari pilot experiments dan teaching experiments; (3) Retrospective analysis. Data penelitian dikumpulkan dan akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar yang dibuat menggunakan level berpikir kualitatif dengan indikator yang sering terlihat pada siswa SMA Negeri 1 Palembang kelas XII MIPA 7 merupakan indikator visualisasi, pelabelan, dan pemecahan kode. Lintasan belajar yang diperoleh dari penelitian ini didasarkan pada LKPD yang telah dilakukan oleh siswa dimana permasalahannya berkontribusi membangun level berpikir kualitatif dalam pembelajaran dimensi ketiga. Kata kunci: Design research, Lintasan Belajar, Dimensi Tiga, RMT.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
T607802021 | T60780 | T607802021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available