Skripsi
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 TALANG UBI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran example non example terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII SMP Negeri 4 Talang Ubi. Penelitian menggunakan metode Pre Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Talang Ubi dengan sampel kelas VIII.3. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan prestasi belajar peserta didik dilihat hasil tes awal dan tes akhir. Nilai rata-rata tes awal yaitu 55,86 termasuk dalam kategori kurang, dan pada tes akhir meningkat menjadi 87,33 termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uji Paired Samples T-test nilai signifikansi prestasi belajar peserta didik sebesar 0,000 < 0,05 hal ini menujukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran example non example berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII SMP Negeri 4 Talang Ubi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107004420 | T58344 | T583442021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available