Skripsi
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS
Siswa perlu memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik pada saat mempelajari materi himpunan. Penggunaan pembelajaran berbasis HOTS dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran agar siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeksripsikan kemampuan komunikasi matematis setelah dilaksanakan proses pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis HOTS pada materi himpunan kelas VII. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP IT Al-Fatah Mekar Jaya yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes tertulis yang terdiri dari 3 soal tes, dan wawancara. Teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa setelah proses pembelajaran menggunakan pembelajaran HOTS pada materi himpunan kelas VII-3 SMP IT Al-Fatah Mekar Jaya berada dalam kategori sedang, dengan persentase rata-ratanya adalah 31,19%. Indikator yang paling banyak muncul adalah “menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematik, secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik, dan aljabar dan indikator menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika”, sedangkan indikator yang paling sedikit muncul adalah “menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram kedalam ide matematika”. Penggunaan pembelajaran berbasis HOTS dapat menjadikan siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik. Kata-kata kunci: Pembelajaran HOTS, komunikasi matematis, himpunan
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107004415 | T61419 | T614192021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available