Skripsi
PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENDAPATAN DAERAH KECAMATAN RAMBANG NIRU KABUPATEN MUARA ENIM
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip good governance terhadap pelayanan publik di Dinas Pendapatan Daerah Kecamatan Rambang Niru Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan atau narasumber dalam penelitian ini berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Uji keabsahan data yang digunakan meliputi uji kredibiltas, uji transferabilitas, uji depandabilitas dan uji konfirmabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian pada teori good governance menurut Serdamayanti yang menyebutkan ada 4 variabel yaitu: transparansi, akuntabilitas, daya tanggap dan berkeadilan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan prinsip-prinsip good governance terhadap pelayanan publik di Dinas Pendapatan Daerah Kecamatan Rambang Niru Kabupaten Muara Enim sudah terlaksana dengan memiliki website resmi yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, adanya sosialisasi yang dilaksanakan setiap bulan dengan berkoordinasi dengan desa yang bersangkutan dan adanya evaluasi bulanan yang dilakukan oleh dinas pendapatan daerah yang rutin dilaksanakan setiap akhir bulan. Kata kunci : Good Governance, Pelayanan Publik, Dinas Pendapatan Daerah
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107004414 | T60578 | T605782021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available