Skripsi
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMA NEGERI 10 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Media Pembelajaran Poster Digital dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 10 Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Desain dalam penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan menggunakan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah XI IIS SMA Negeri 10 Palembang dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS 3. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Untuk mengetahui terdapat atau tidak terdapat pengaruh media pembelajaran poster digital terhadap hasil belajar maka dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dan perhitungan n-gain. Uji-t diperoleh thitung -26,255< ttabel -1,668 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima dan perhitungan n-gain diperoleh sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Dengan demikian terdapat pengaruh media pembelajaran poster digital dalam pembelajan daring terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 10 Palembang tahun pelajaran 2021/2022. Disarankan penelitian selanjutnya untuk menambahkan angket sebagai instrumen penelitian agar dapat mengetahui respon peserta didik setelah diberikan media pembelajaran poster digital dan menambahkan observasi untuk mengoreksi pelaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen. Kata Kunci : Media Pembelajaran Poster Digital, Hasil Belajar
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107004224 | T63669 | T636692021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available