Skripsi
KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IX-1 SMP NEGERI 19 BATANGHARI DENGAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI GEOMETRI KEKONGRUENAN BANGUN DATAR
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX-1 SMP Negeri 19 Batanghari pada materi geometri kekongruenan bangun datar setelah diterapkan pendekatan PMRI. Subjek penelitian yang dipilih yaitu siswa kelas IX-1 SMP Negeri 19 Batanghari. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes tertulis, dan wawancara. Dalam penelitian ini, pembelajaran PMRI dilakukan dengan memberikan Sharing Task dan Jumping Task dilanjutkan dengan memberikan soal tes bertipe PISA dengan konteks COVID-19 sebanyak 2 butir. Hasil yang didapatkan adalah rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI-1 SMP Negeri 19 Batanghari dengan pendekatan PMRI pada materi geometri kekongruenan bangun datar berdasarkan nilai kualitatif kemampuan penalaran dikatakan cukup dilihat dari nilai rataratanya yaitu 48,9 dengan indikator yang sering muncul adalah manipulasi matematika, kemudian menarik kesimpulan, dan yang jarang muncul adalah indikator mengajukan dugaan. Secara keseluruhan kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX-1 SMP Negeri 19 Batanghari dalam menyelesaikan soal tipe PISA pada materi kekongruenan bangun datar menggunakan PMRI konteks COVID19 menggunakan pendekatan PMRI adalah terkategori cukup dilihat pada indikator kemampuan penalaran matematis karena siswa terbiasa memodelkan permasalahan kontekstual sehingga indikator yang paling banyak muncul yaitu indikator manipulasi matematika.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107004201 | T62571 | T625712021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available