Skripsi
PENGARUH LATIHAN PUSH UP DENGAN VARIASI BERTEPUK TERHADAP HASIL TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING PADA SlSWA PUTRA KELAS VII SMP NEGERI 19 PALEMBANG
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Latihan Push up dengan Variasi Bertepuk terhadap Hasil Tolak Peluru Gaya Menyamping pada Siswa Putra Kelas VII SMP Negeri 19 Palembang”. Permasalahan yang diangkat Apakah ada pengaruh latihan push up dengan variasi bertepuk terhadap hasil tolak peluru gaya menyamping siswa putra kelas VII SMP Negeri 19 Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan push up dengan variasi bertepuk terhadap hasil tolak peluru gaya menyamping. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa putra kelas VII SMP Negeri 19 Palembang Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang, menggunakan random sampling teknik ordinal pairing. Dibagi menjadi dua kelompok, 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen tes yang digunakan adalah tes tolak peluru gaya menyamping. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa latihan push up dengan variasi bertepuk selama 6 minggu, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji homogenitas menggunakan uji Barlett dan uji hipotesis menggunakan uji t Berdasarkan perhitungan analisa data pada kelompok eksperimen teijadi peningkatan nilai mean (ratarata) sebelum diberikan latihan (hasil pretest) yaitu sebesar 4,53 dan setelah diberikan latihan (hasil posttest) sebesar 5,45, atau dengan peningkatan mean sebesar 0,92. Berdasarkan hasil perhitungan uji t beda kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh tfctung = 5,28 > to,95(5g) = 1,673 dengan demikian terima hipotesis yang menyatakan ada pengaruh antara latihan push up dengan variasi bertepuk terhadap hasil tolak peluru gaya menyamping siswa putra kelas VH SMP Negeri 19 Palembang Kata Kunci : Push up variasi bertepuk, tolakpeluru, siswa SMP.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1107000131 | T69524 | T695242011 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available