Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI LATIHAN MULTIPLE BOX-TO-BOX JUMPS PADA SISWA KELAS V SDNEGERI 179 PALEMBANG
Pencapaian pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VB SD Negeri 179 Palembang belum optimal. Siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Hasil lompatan siswa lemah. Oleh karena itu, kemampuan lompat jauh siswa kelas VB perlu ditingkatkan dengan latihan multiple box-to-box jumps. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok melalui latihan multiple box-to-box jumps pada siswa kelas V SD Negeri 179 Palembang. Jenis penelitian tindakan kelas. Penerapannya dilakukan dalam dua siklus. Langkahlangkah tiap siklus dimulai dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian di SD Negeri 179 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Negeri 179 Palembang. Jumlah siswa yang diteliti adalah 30 orang. Teknik pengumpulan data terdiri dari observari dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan persentase dan pencapaian nilai rata-rata ketuntasan. Batas KKM ketuntasan adalah 70. Hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan multiple box-to-box jumps dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD Negeri 179 Palembang. Hal ini terbukti dari ketuntasan belajar yang diperoleh pada tes awal yang tergolong sedang 23,33%, pada Siklus I ketuntasan belajar siswa lebih tinggi dari tes awal yakni mencapai 53,33%, dan Siklus II ketuntasan belajar siswa naik mencapai 86,67%. Kata kunci: Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok, Multiple Box-To-Box Jumps, Siswa Kelas VB SD Negeri 179 Palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207000882 | T69611 | T696112012 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available