Text
PENGARUH MEDIA INFOGRAFIS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media infografis pada materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas X SMA 10 Negeri Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes hasil belajar pilihan ganda sebanyak 15 soal. Instrumen motivasi belajar berupa angket dengan skala Likert yang berjumlah 20 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata tes akhir sebesar 80,59 di kelas kontrol dan 88,89 untuk kelas eksperimen. Nilai rata-rata persentase motivasi belajar sebesar 75 di kelas kontrol dan 80 untuk kelas eksperimen kedua nilai motivasi baik di kelas kontrol maupun eksperimen berada dalam kategori tinggi. Data nilai motivasi belajar menggunakan uji t dan data tes hasil belajar diuji ANCOVA. Hasil uji hipotesis nilai persentase motivasi belajar peserta didik dengan nilai asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,028
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000991 | T51893 | T518932021 | Central Library (REFERENCES) | Available |
No other version available