Skripsi
APLIKASI PROSES HIRARKI ANALITIK UNTUK MENGETAHUI PREFERENSI KONSUMEN KECAP MANIS SEBAGAI DASAR STRATEGI PEMASARAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran preferensi konsumen kecap manis berbagai segmen pasar dalam mengambil keputusan pembelian kecap manis, menggunakan proses hirarki analitik, sehingga dapat diharapkan masukan-masukan tentang kriteria-kriteria apa yang selama ini menjadi prioritas konsumen dalam memutuskan membeli kecap manis, Hirarki disusun berdasarkan marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi. Penelitian ini mengambil responden yang berdomisili di Kota Palembang. Dalam hal ini responden sebagai pengambil keputusan pembelian kecap manis dibedakan berdasarkan kelompok pengguna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari kelompok pengguna yang berbeda-beda ternyata memberikan preferensi vanc berbeda. Kelompok Pedagang Sate dan Pedagang Nasi Goreng, menempatkan kriteria produk pada prioritas pertama, harga pada prioritas kedua, kemudahan mendapatkan produk pada prioritas ketiga dan yang terakhir adalah iklan. Kelompok Pedagang Bakso, terdapat perbedaan sedikit yaitu kemudahan mendapatkan produk pada prioritas pertama (0,36), produk pada prioritas ketiga (0,27), selebihnya sama dengan kelompok Pedagang Sate dan kelompok Pedagang Nasi Goreng. Kelompok Rumah Tangga menempatkan kemudahan mendapatkan produk pada prioritas kedua (0,31), harga pada prioritas ketiga (0,25), selebihnya sama dengan kelompok Pedagang Sate dan kelompok Pedagang Nasi Goreng. Analisa inderawi menunjukkan perbedaan nyata pada setiap merek kecap manis yang digunakan responden dengan kriteria penilaian wama, rasa, aroma dan kekentalan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0507000692 | T68705 | T687052005 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available