The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENINGKATAN HASIL BELAJAR NOMOR LARI JARAK PENDEK 60 METER MELALUI METODE SPEED PLAY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PALEMBANG

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR NOMOR LARI JARAK PENDEK 60 METER MELALUI METODE SPEED PLAY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PALEMBANG

Nuraidah, Nuraidah - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Nomor Lari Jarak Pendek 60 meter Melalui Metode Speed Play Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Palembang”. Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan pembelajaran atletik melalui metode speed play Pada siswa kelas V.D SD Negeri 1 Palembang. Siswa akan menjadi aktif dalam mengikuti proses Atletik merupakan salah satu materi pokok dalam kurikulum yang di dalamnya mencakup, jalan, lari, lompat dan lempar. Yang menjadi kendala guru pendidikan jasmani pada umumnya adalah proses pembelajaran atletik kurang diminati dan kurang disenangi oleh siswa. Berbeda dengan materi permainan, siswa sangat antusias menyambut informasi dari guru pendidikan jasmani ketika menyampaikan materi yang akan dilaksanakan. Ada beberapa hal yang menyebabkan materi atletik misalnya pada cabang lari kurang diminati, antara lain karena materi atletik pada cabang lari mudah menjenuhkan, mudah membosankan dan mudah melelahkan. Berdasarkan kenyataan tersebut ada pemikiran untuk mengadakan kolaborasi antara materi atletik dan permainan, dengan maksud agar materi atletik dapat terlaksana tanpa siswa mengalami kejenuhan dan kelelahan yang bearti melalui penyelenggaraan proses belajar mengajar. Jenis Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research ). Penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang menawarkan cara/ prosedur baru dalam proses pembelajaran Penelitian ini dilakukan secara bersiklus, setiap siklus dimulai dengan Perencanaan, tindakan, Observasi, Refleksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V.D SD Negeri 1 Palembang yang beijumlah 30 siswa. Data dikumpulkan dari hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus satu siswa yang aktif mengikuti pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek 60m mencapai 12 siswa (40%). Pada siklus dua siswa yang aktif dalam mengikuti pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek 60m meningkat menjadi 20 siswa (66%). Pada siklus ke-tiga siswa yang aktif dalam mengikuti pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek 60m meningkat menjadi 26 siswa (86%) dan siklus tiga dinyatakan berhasil dan dianggap tidak perlu melakukan tindakan siklus berikutnya karena telah mencapai target penelitian yang telah ditetapkan sebesar 85%. Keberhasilan penelitian ini berpedoman pada target yang telah ditetapkan dengan standar ketuntasan SD Negeri 1 Palembang, yaitu jika siswa yang aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran mencapai 85%, maka penelitian dinyatakan berhasil. Dilihat dari siklus akhir (tiga), siswa yang aktif mencapai 86%, dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil, sehingga tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya (tiga). Keberhasilan penelitian ini berpedoman pada target yang telah ditetapkan sesuai dengan standar ketuntasan SD Negeri 1 Palembang, yaitu jika siswa yang aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran mencapai 85%, maka penelitian dinyatakan berhasil. Dilihat dari siklus akhir (dua), siswa yang aktif mencapai 98%, dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil, sehingga tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya (tiga). yang diketahui bahwa siswa sangat senang dan antusias dalam mengikuti pei Atletik nomor lari jarak pendek 60m dengan Metode Speed Play. Z sesuai A


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
1107000819T68934T689342011Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T689342011
Publisher
Palembang : Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2011
Collation
xii, 63 hlm.: Ilus., tab.; 28 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
796.407
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
unspecified
Edition
-
Subject(s)
pendidikan jasmani dan kesehatan
lari jarak pendek
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
HALIM
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENINGKATAN HASIL BELAJAR NOMOR LARI JARAK PENDEK 60 METER MELALUI METODE SPEED PLAY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PALEMBANG
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search