Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR NOMOR LARI JARAK PENDEK 60 METER MELALUI METODE SPEED PLAY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PALEMBANG
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Nomor Lari Jarak Pendek 60 meter Melalui Metode Speed Play Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Palembang”. Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan pembelajaran atletik melalui metode speed play Pada siswa kelas V.D SD Negeri 1 Palembang. Siswa akan menjadi aktif dalam mengikuti proses Atletik merupakan salah satu materi pokok dalam kurikulum yang di dalamnya mencakup, jalan, lari, lompat dan lempar. Yang menjadi kendala guru pendidikan jasmani pada umumnya adalah proses pembelajaran atletik kurang diminati dan kurang disenangi oleh siswa. Berbeda dengan materi permainan, siswa sangat antusias menyambut informasi dari guru pendidikan jasmani ketika menyampaikan materi yang akan dilaksanakan. Ada beberapa hal yang menyebabkan materi atletik misalnya pada cabang lari kurang diminati, antara lain karena materi atletik pada cabang lari mudah menjenuhkan, mudah membosankan dan mudah melelahkan. Berdasarkan kenyataan tersebut ada pemikiran untuk mengadakan kolaborasi antara materi atletik dan permainan, dengan maksud agar materi atletik dapat terlaksana tanpa siswa mengalami kejenuhan dan kelelahan yang bearti melalui penyelenggaraan proses belajar mengajar. Jenis Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research ). Penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang menawarkan cara/ prosedur baru dalam proses pembelajaran Penelitian ini dilakukan secara bersiklus, setiap siklus dimulai dengan Perencanaan, tindakan, Observasi, Refleksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V.D SD Negeri 1 Palembang yang beijumlah 30 siswa. Data dikumpulkan dari hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus satu siswa yang aktif mengikuti pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek 60m mencapai 12 siswa (40%). Pada siklus dua siswa yang aktif dalam mengikuti pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek 60m meningkat menjadi 20 siswa (66%). Pada siklus ke-tiga siswa yang aktif dalam mengikuti pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek 60m meningkat menjadi 26 siswa (86%) dan siklus tiga dinyatakan berhasil dan dianggap tidak perlu melakukan tindakan siklus berikutnya karena telah mencapai target penelitian yang telah ditetapkan sebesar 85%. Keberhasilan penelitian ini berpedoman pada target yang telah ditetapkan dengan standar ketuntasan SD Negeri 1 Palembang, yaitu jika siswa yang aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran mencapai 85%, maka penelitian dinyatakan berhasil. Dilihat dari siklus akhir (tiga), siswa yang aktif mencapai 86%, dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil, sehingga tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya (tiga). Keberhasilan penelitian ini berpedoman pada target yang telah ditetapkan sesuai dengan standar ketuntasan SD Negeri 1 Palembang, yaitu jika siswa yang aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran mencapai 85%, maka penelitian dinyatakan berhasil. Dilihat dari siklus akhir (dua), siswa yang aktif mencapai 98%, dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil, sehingga tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya (tiga). yang diketahui bahwa siswa sangat senang dan antusias dalam mengikuti pei Atletik nomor lari jarak pendek 60m dengan Metode Speed Play. Z sesuai A
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1107000819 | T68934 | T689342011 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available