Skripsi
HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN KEJADIAN STRES PADA MAHASISWA PSIK FK UNSRI
Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan memaksa perguruan tinggi untuk melakukan pembelajaran secara online. Pembelajaran online merupakan kegiatan pembelajaran yang membutuhkan jaringan internet dengan konektivitas, aksesibilitas, fleksibilitas, dan kemampuan memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Pembelajaran online yang terus menerus tentunya akan memberikan dampak psikologis bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran online dengan kejadian stres pada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode random sampling-cluster sampling dengan jumlah sampel 172 orang. Penelitian ini dilakukan secara online dengan mengisi kuesioner menggunakan google form. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji chi square dengan derajat kepercayaan 95% atau = 5%. Hasil angket tanggapan dari 172 responden ditetapkan sebagai berikut: 88 (51,2%) menganggap pembelajaran online tidak efektif dan 84 (48,8%) siswa menganggap pembelajaran online efektif. Dari siswa yang menganggap pembelajaran online tidak efektif, 5 (5,7%) responden memiliki tingkat stres normal, 32 (35,2%) memiliki stres ringan, 41 (46,6%) memiliki stres sedang, 10 (11,4%) mengalami stres berat dan 1 (1,1) %) responden memiliki tingkat stres yang sangat berat. Hasil uji statistik diperoleh p-value = 0,004 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran online dengan kejadian stres pada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. Stres yang dialami siswa selama pelaksanaan pembelajaran online harus dikelola dengan baik sehingga mengarah pada pengaruh positif.
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2107003823 | T59802 | T598022021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available