Skripsi
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) SEKTOR KULINER PADA RUMAH KREATIF BUMN(STUDI PADA RUMAH KREATIF BUMN BANK BTN CAB. KOTA PALEMBANG)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan sektor kuliner UMKM di Rumah Kreati BUMN Bank BTN Cabang Kota Palembang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengembangkan UMKM sektor kuliner, RKB Bank BTN Palembang menggunakan strategi mezzo melalui 3 upaya peningkatan yaitu: 1) Peningkatan kompetensi melalui seminar PIRT dan produk halal, 2) Peningkatan akses pasar melalui listing di Blanja.com, pengadaan bazar dan pameran, 3) Peningkatan akses permodalan melalui rekomendasi KUR pada Bank BTN Cabang Palembang. Faktor pendorong tersebut antara lain tingginya minat pelaku UMKM untuk dibina, petugas yang terampil dan profesional serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah partisipasi UMKM dalam kegiatan pembangunan yang masih rendah, sistem pencairan yang sering terlambat dan sistem pendataan yang belum optimal. Manfaat yang diperoleh dalam mengembangkan sektor kuliner UMKM adalah UMKM yang berpedoman pada pemahaman alur pembuatan sertifikasi PIRT dan produk halal dan telah dilakukan sertifikasi tersebut, jaringan pengenalan dan pemasaran produk yang lebih luas serta perolehan bantuan permodalan yang lebih mudah dan cepat.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107003822 | T49512 | T495122021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available