The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA AL-FALAH PUTAK

Text

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA AL-FALAH PUTAK

Utami, Sundari Putri - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di MA Al-Falah Putak. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen yang menggunakan desain Pre Experimental-Design dengan bentuk Pretest-Postest One Grup . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS di MA Al-Falah Putak. Sampel penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling, sampel yang terpilih adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Tes menggunakan uji validasi tes dan uji reliabilitas tes sedangkan observasi menggunakan sintak dari model pembelajaran artikulasi. Teknik analisis data yaitu analisis data observasi dan data tes hasil belajar. Uji prasyarat yaitu uji normalitas data yang memperoleh (-25,32) yang berdistribusi normal serta uji regresi sederhana yaitu 52,03. Uji hipotesis korelasi product moment yaitu 0,97 yang artinya bernilai kuat dari rentang nilai 0,80 sampai dengan 1.000 , koefisien determinan yaitu 94,09% yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik dan uji ttest sampel related dan diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 10,622 ≥ 1,669 maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di MA Al-Falah Putak. Disarankan peserta didik agar terlibat aktif dalam menyampaikan pendapat dalam proses pembelajaran. Kata-Kata Kunci: Artikulasi, Hasil Belajar.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2107001043T41401T414012021Central Library (REFERENCES)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T414012021
Publisher
Inderalaya : Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2021
Collation
xii, 117 hlm. : ilus. ; 28 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.207
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar - ekonomi
Prodi Pendidikan Ekonomi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
AA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA AL-FALAH PUTAK
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search