Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA AL-FALAH PUTAK
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di MA Al-Falah Putak. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen yang menggunakan desain Pre Experimental-Design dengan bentuk Pretest-Postest One Grup . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS di MA Al-Falah Putak. Sampel penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling, sampel yang terpilih adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Tes menggunakan uji validasi tes dan uji reliabilitas tes sedangkan observasi menggunakan sintak dari model pembelajaran artikulasi. Teknik analisis data yaitu analisis data observasi dan data tes hasil belajar. Uji prasyarat yaitu uji normalitas data yang memperoleh (-25,32) yang berdistribusi normal serta uji regresi sederhana yaitu 52,03. Uji hipotesis korelasi product moment yaitu 0,97 yang artinya bernilai kuat dari rentang nilai 0,80 sampai dengan 1.000 , koefisien determinan yaitu 94,09% yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik dan uji ttest sampel related dan diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 10,622 ≥ 1,669 maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di MA Al-Falah Putak. Disarankan peserta didik agar terlibat aktif dalam menyampaikan pendapat dalam proses pembelajaran. Kata-Kata Kunci: Artikulasi, Hasil Belajar.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107001043 | T41401 | T414012021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available