Text
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 20 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh strategi pembelajaran Critical Incident terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 20 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design dalam bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X IPS SMA Negeri 20 Palembang dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 4 yang berjumlah 34 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Teknik analisis data hasil belajar peserta didik diperoleh dari pre-test dan post-test. Dalam penelitian proses pembelajaran dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi google meet dan aplikasi google form pada saat tes. Analisis data observasi diperoleh dari hasil observasi pada saat penerapan strategi pembelajaran Critical Incident. Hipotesis menggunakan statistik parametis yaitu uji-t menggunakan uji t-tes sampel related diperoleh thitung > ttabel yaitu 14,49 > 1,997 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimplkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Critical Incident terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPS di SMA Negeri 20 Palembang. Disarankan dalam menerapkan strategi pembelajaran Critical Incident harus membimbing peserta didik untuk menyampaikan pengalaman pribadinya yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang akan dipelajari.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107001042 | T41356 | T413562021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available