Text
PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DENGAN KONTEKS RUMAH ADAT LAHAT DI KELAS VII
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahamna konsep siswa pada pembelajaran materi segiempat dan segitiga dengan konteks rumah adat lahat. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII.4 di smp negeri 1 tanjung raja yang berjumlah 15 orang dengan metode penelitian deskriptif dan menggunakan model pembelajaran flipped classroom dilaksanakan sebanyak 4 pertumuan yaitu 2 pertemuan online dan 2 pertemuan offline. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis pemahaman konsep berupa soal uraian materi segiempat dan segitiga dengan konteks rumah adat lahat dan tes wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan pedoman penskoran ( adaptasi mawaddah & maryanti , 2016 ) untuk soal tes, sedangkan tes wawncara digunakan untuk menarik kesimpulan dari hasil analisis wawancara terhadap siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa sudah cukup baik. Indikator yang sering muncul antara lain menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek - objek berdasarkan terpenuhi atau tidak terpenuhi syarat - syarat suatu konsepdan mengidentifikasi sifat - sifat operasi atau konsep. Sedangkan indikator yang jarang muncul yaitu menerapkan konsep secara logis dan menyajikan konsep dalam berbagai macam representasi matematis . Penggunaan model pembelajaran flipped classroom juga cukup membantu siswa dalam memahami konsep pada materi segiempat dan segitiga.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107001017 | T51470 | T514702021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available