Text
ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI TINJAU DARI HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar ekonomi peserta didik kelas X IPS di tinjau dari hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian ini digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data triangulasi. Hasil penelitian ini menyajikan bahwa menunjukkan kemandirian belajar peserta didik kelas X IPS di SMA Negeri 1 Indralaya Utara persentase rerata 73.30% terkategori mandiri. Hasil analisis setiap indikator terdiri dari indikator berinisiatif terkategori mandiri (72,83%), percaya diri terkategori mandiri (73.73%), bertanggung jawab (76.94%), sadar akan tujuan belajar (72.01%), penyelesaian tugas yang harus dikerjakan secara mandiri terkategori mandiri (75.01%) dan dalam ulangan tidak mengharapkan bantuan orang lain terkategori cukup mandiri (70.79%). Dari hasil dokumentasi perolehan hasil belajar mata pelajaran ekonomi dari tugas dengan rerata 91.26% dan ulangan harian dengan rerata 82.39% sesuai dengan standar perolehan hasil belajar mata pelajaran ekonomi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan keberhasilan kemandirian belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Kata Kunci : Kemandirian belajar, Hasil Belajar Ekonomi
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107001014 | T51307 | T513072021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available