The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Implementasi Kebijakan Retribusi Pelayanan Pasar Dalam Peraturan Daerah Kabupaten Muara Enim Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Retribusi Jasa Umum

Text

Implementasi Kebijakan Retribusi Pelayanan Pasar Dalam Peraturan Daerah Kabupaten Muara Enim Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Retribusi Jasa Umum

Selvi Oktarini Sumardi - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Sejak diberlakukannya otonomi daerah kabupaten muara enim berusaha secara efektif meningkatkan sumber pendapatan asli daerah (pad) dengan mengeluarkan peraturan daerah kabupaten muara enim nomor 6 tahun 2011 tentang retribusi jasa umum. Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi kebijakan retribusi pelayanan
pasar dalam peraturan daerah kabupaten muara enim nomor 6 tahun 2011 tentang
retribusi jasa umum oleh unit pelaksana teknis operasional (upto) pasar bantingan
tanjung enim. Permasalahan dalam penelitian ini dikarenakan kurangnya kepatuhan pedagang terhadap peraturan untuk membayar iuran retribusi pelayanan pasar disebabkan oleh rendahnya kinerja pegawai dalam memberikan jasa pelayanan. Penelitian yang berlokasi di pasar bantingan tanjung enim ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Penelitian kualitatif pada dasarnya berusaha memahami bahasa dan taksiran mereka tentang fenomena tertentu di sekitarnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan
cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terkait pelaksanaan kebijakan retribusi pelayanan pasar di kabupaten muara enim sudah
menunjukkan hasil yang cukup baik, dimana kebijakan yang dilaksanakan sesuai dengan peraturan daerah yang sudah dibuat oleh pemerintah daerah tentang retribusi jasa umum,
walaupun masih terdapat kekurangan dalam pemberian jasa pelayanan untuk para pedagang dan kinerja petugas unit pelaksana teknis operasional (upto) pasar bantingan
tanjung enim yang masih rendah, serta kurangnya kesadaran pedagang dalam membayar retribusi pelayanan pasar. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan untuk lebih
meningkatkan kesadaran untuk membayar retribusi dan bagi petugas harus memberikan jasa pelayanan dengan baik agar terciptanya kenyamanan di pasar bantingan tanjung
enim.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Indralaya : Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik., 2017
Collation
xiii, 115 hlm. ; illus. ; 29m cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
implementasi kebijakan
Retribusi Pelayanan Pasar
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search