The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH STORYTELLING TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V DI SD NEGERI 5 TALANG KELAPA

Skripsi

PENGARUH STORYTELLING TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V DI SD NEGERI 5 TALANG KELAPA

Syafitri, Ona - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

COVID-19 dapat menyerang atau menginfeksi siapa saja tanpa memandang usia, termasuk anak-anak. Minimnya informasi terkait pencegahan COVID-19 melalui protokol kesehatan menjadi salah satu penyebab tingginya angka kasus COVID-19 pada anak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pendidikan kesehatan melalui mendongeng kepada anak sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mendongeng terhadap pengetahuan dan sikap tentang protokol kesehatan COVID-19 pada anak kelas IV dan V SD Negeri 5 Talang Kelapa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan desain one group pre-test and post-test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 responden yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh dari responden dengan menggunakan angket pengetahuan dan sikap. Hasil analisis pengetahuan menggunakan Marginal Homogeneity Test menunjukkan ada pengaruh storytelling terhadap pengetahuan siswa SD tentang protokol kesehatan COVID-19 dengan p-value 0,000. Hasil analisis menggunakan McNemar menunjukkan ada pengaruh storytelling terhadap sikap anak sekolah tentang protokol kesehatan COVID-19 dengan p-value 0,000. Pendidikan kesehatan melalui mendongeng yang efektif dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap anak usia sekolah karena menarik perhatian dan minat sehingga mudah dipahami. Mendongeng juga dapat direkomendasikan sebagai metode pendidikan kesehatan untuk anak sekolah dasar.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2107003598T59624T596242021Central Library (REFERENCES)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
xvii, 132 hlm. : ilus. ; 29 cm
Call Number
T596242021
Publisher
Inderalaya : Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya., 2021
Collation
xvii, 132 hlm. : ilus. ; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
610.07
Content Type
-
Media Type
unmediated
Carrier Type
unspecified
Edition
-
Subject(s)
Protokol Covid-19
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
RIZAL
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENGARUH STORYTELLING TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V DI SD NEGERI 5 TALANG KELAPA
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search