Skripsi
PERBANDINGAN EFEKTIVITAS TERAPI RELAKSASI OTOT PROGRESIF DAN RELAKSASI BENSON TERHADAP STRES MAHASISWA SEBAGAI DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19
Sejak COVID-19 dinyatakan sebagai pandemi global, para siswa terpaksa mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan metode e-learning sesuai surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 36962/MPK.A/HK/2020. Perubahan metode pembelajaran yang terjadi pada mahasiswa pada masa pandemi ini berdampak pada psikologi mahasiswa, stres. Stressor umum yang paling sering ditemui mahasiswa terkait dengan akademik adalah tuntutan akademik, tugas dan ujian. Salah satu manajemen stres yang dapat dilakukan dengan teknik relaksasi diantaranya adalah relaksasi otot progresif (PMR) dan relaksasi benson. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas terapi relaksasi otot progresif dan relaksasi benson terhadap stres mahasiswa akibat pembelajaran online selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan desain nonrandomized control group pre-test post-test design. Sampel penelitian ini sebanyak 31 responden yang dikumpulkan secara purposive sampling, yang terbagi dalam 3 kelompok (10 kelompok relaksasi otot progresif, 11 kelompok relaksasi benson, dan 10 kelompok kontrol). Data ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis perbandingan stres siswa dengan uji one way ANOVA menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok dengan p-value=0,000 (sig
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107003597 | T60644 | T606442021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available