Skripsi
EFEKTIVITAS FORTUNE WHEEL SEBAGAI MEDIA INTERVENSI PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA ANAK SD DI SDN 01 PARITTIGA TAHUN 2021
Anak merupakan investasi bangsa, karena keberhasilan suatu bangsa ditentukan dengan SDM yang berkualitas dengan memperhatikan tumbuh kembang anak sedini mungkin. Namun masih terdapat banyak makanan yang belum aman untuk dikonsumsi karena tidak memenuhi syarat dari standar yang ada serta membahayakan tubuh. Untuk itu pendidikan gizi lebih baik diberikan sedini mungkin kepada anak-anak dengan menggunakan media belajar yang menarik dan menyenangkan agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan mudah.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas fortune wheel sebagai media intervensi pengetahuan gizi seimbang pada anak SD di SDN 01 Parittiga. Metode penelitian adalah quasy experimental dengan desain pretest-posttestcontrol group design, teknik pengambilan total sampling dengan jumlah sampel 64 responden. Data pengetahuan diperoleh dengan kuesioner, intervensi dilakukan 2 kali dengan waktu 1 minggu 1 kali menggunakan media fortune wheel untuk kelompok intervensi dan powerpoint untuk kelompok kontrol. Hasil penelitian adalah tidak ada perbedaan rata-rata pengetahuan anak tentang gizi sembang pada tema 1 antara yang diintervensi fortune wheel maupun powerpoint, tetapi ada perbedaan rata-rata pengetahuan anak tentang gizi seimbang pada tema 2 antara yang diintervensi fortune wheel maupun powerpoint, dan nilai rata-rata N-gain score pada hasil belajar dengan media fortune wheel lebih tinggi dibandingkan dengan media powerpoint. Kesimpulan fortune wheel lebih efektif mempengaruhi pengetahuan gizi seimbang pada anak SD di SDN 01 Parittiga.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107003339 | T59471 | T594712021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available