The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Text

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Armanto, Armanto - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film animasi Nussa dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Teori nilai-nilai pendidikan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori pendidikan karakter menurut Mustari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data film animasi Nussa episode “Mimpi”, “Di Rumah Aja”, “Pilihanku Halal”, dan “Jaga Amanah Part 1”. Tujuan penelitian in adalah untuk mengetahui metode pendidikan karakter dan nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat dalam film animasi Nussa serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Hasil penelitian menunjukkan adanya empat metode penanaman pendidikan karakter: metode percakapan, cerita, keteladanan, dan pembiasaan yang digunakan dalam film animasi Nussa. Selain itu, terdapat 17 nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film animasi Nussa yakni, religius, jujur, bertanggung jawab, bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, berjiwa wirausaha, cinta ilmu, sadar diri, patuh pada aturan sosial, respek, santun, demokratis, suka menolong, berani mengambil risiko, dan berorientasi tindakan. Kemudian, penelitian ini berimplikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia kompetensi dasar 3.19 kelas XI dan kompetensi dasar 3.9 kelas XII. Tidak hanya itu, penelitian ini juga berimplikasi terhadap komptensi inti 1. Dengan demikian, penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi penelitian serupa berikutnya dan dapat digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada KD 3.19 kelas XI dan KD 3.9 kelas XII.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2107001031T52432T524322021Central Library (REFERENCES)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T524322021
Publisher
Inderalaya : Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2021
Collation
xviii, 109 hlm.: ilus. ; 28 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.3607
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Media Pembelajaran
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
AA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search