Text
Penerapan Business Intelligence pada pelayanan produk suatu perbankan (Studi kasus : PT. Bank Sumsel Babel cabang Baturaja)
PT Bank Sumsel Babel merupakan salah satu Bank Daerah paling berkembang di
Indonesia terbukti dengan banyaknya transaksi yang dilakukan setiap waktunya.
Tetapi transaksi produk perbankan yang sangat cepat menciptakan kondisi,
dimana data yang terkumpul hanya menjadi kuburan data dan tidak digunakan.
Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan aplikasi yang dapat mengelola dan
menyajikan data yang besar tersebut untuk mendapatkan sebuah informasi yang
berkualitas sebagai penunjang kebutuhan bisnis yaitu dengan menerapkan
Business Intelligence (BI). BI dapat menangani sejumlah besar informasi yang
dapat membantu dalam mengidentifikasi permasalahan dan mengembangkan
peluang baru. Dalam merancang dan mengimplementasikan konsep Business
Intelligence (BI) untuk monitoring pelayanan produk perbankan menggunakan
acuan pendekatan business intelligence roadmap. Business intelligence roadmap
merupakan salah satu contoh pengembangan BI yang dapat dicontoh karena
sifatnya yang agile dan adaptive serta ditujukan penuh untuk mendukung
pengembangan BI. Dengan memanfaatkan aplikasi Business Intelligence pada
data history transaksi produk perbankan maka diharapkan mampu menghasilkan
informasi-informasi yang dapat mendukung dalam memberikan rekomendasi dan
mengambil keputusan dengan tepat. Data dan informasi yang dihasilkan juga
menjadi lebih mudah diakses dan lebih mudah untuk dimengerti (user friendly).
Kata Kunci: business intelligence, business intelligence roadmap, OLAP, produk
perbankan
No copy data
No other version available