Skripsi
ANALISIS PENGARUH TOTAL RESISTANCE TERHADAP PRODUKTIVITAS DUMP TRUCK TIPE NOVUS K6DEF TATA DAEWOO DALAM KEGIATAN PENGANGKUTAN BATUBARA DARI PIT GUNUNG AGUNG KE ROM DI PT BUMI MERAPI ENERGI, LAHAT, SUMATERA SELATAN
Jalan angkut yang baik merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam kelancaran kegiatan pengangkutan batubara serta proses pencapaian target produktivitas pengangkutan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. PT. Bumi Merapi Energi merupakan perusahaan pertambangan batubara yang memiliki berbagai macam alat angkut dalam proses penambangannya. Berdasarkan hal tersebut dapat dilakukan kajian teknis mengenai perhitungan aktual dan teoritis total resistance pada proses pengangkutan batubara serta perbandingan perhitungan total resistance aktual sebelum dilakukan perbaikan dan teoritis sesudah dilakukan perbaikan terhadap produktivitas pada proses pengangkutan batubara dari pit gunung agung ke ROM. Dilakukan pengambilan data cycle time untuk perhitungan produktivitas, menghitung lebar jalan angkut minimum, pembagian segmen jalan saat lurus dan tikungan, cross slope, dan kedalaman penetrasi ban. Berdasarkan perhitungan total resistance terdapat beberapa segmen jalan yang tidak memenuhi syarat maksimum maupun minimum suatu jalan angkut yaitu saat bermuatan nilai total resistance terbesar pada segmen GA 3-4 17,72% dan yang terkecil pada segmen GA 11-12 sebesar -0,46%. Saat tidak bermuatan nilai total resistance terbesar pada segmen GA 7-6 sebesar 20,58% dan yang terkecil pada segmen GA 10-9 sebesar – 1,83%. Nilai total resistance setelah perbaikan saat bermuatan yang terbesar pada segmen GA 18-19 sebesar 14,60% sedangkan yang terkecil terdapat pada segmen GA 11-12 sebesar -0,46%. Sedangkan saat kosong nilai total resistance terbesar pada segmen GA 20-19 yaitu 15% sedangkan yang terkecil pada segmen GA 15-14 sebesar 0,44%. Produktivitas alat angkut sebelum dilakukan perbaikan terhadap nilai total resistance adalah 60,49 ton/jam/unit dengan waktu edar 12,39 menit. Produktivitas alat angkut setelah dilakukan perbaikan terhadap nilai total resistance adalah 73,64 ton/jam/unit dengan waktu edar 11,53 menit. Pengaruh total resistance alat angkut terhadap produktivitas alat angkut adalah semakin kecil nilai total resistance maka waktu edar juga semakin kecil sehingga produktivitas alat angkut semakin meningkat. Perlu dilakukan perawatan geometri jalan secara berkala untuk meningkatkan produktivitas alat angkut sehingga alat angkut bisa bekerja optimal sehingga mengurangi cycle time dan meningkatkan produksi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107003120 | T50789 | T507892021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available