Skripsi
ANALISIS AERODINAMIKA KENDARAAN TIPE PROTOTYPE SAMARATUNGGA EV DENGAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD)
Aerodinamika adalah cabang ilmu dinamika yang mempelajari gerak suatu udara atau komposisi gas lainnya sehingga menghasilkan suatu gaya gesek yang dapat mempengaruhi kinerja kendaraan. Ada beberapa cara untuk mengetahui aerodinamika pada kendaraan, salah satunya melalui metode computational fluid dynamics (CFD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik aliran udara serta coefficient of drag (cd) dan coefficient of lift (cl) yang terjadi pada prototype Samaratungga EV dengan menggunakan metode computational fluid dynamics (CFD). Setelah itu akan dilakukan modifikasi terhadap desain Samaratungga EV untuk mendapatkan nilai coefficient of drag yang lebih kecil. Simulasi ini dilakukan dengan variasi kecepatan antara 20 km/h – 80 km/h dengan interval 10 km/h. Simulasi menggunakan model turbulensi k-ω SST dengan intensitas 5%. Standar regulasi dari dimensi kendaraan tipe prototype Samaratungga EV mengacu pada standar regulasi Shell Eco-Marathon (SEM) Asia. Hasil coefficient of drag yang didapatkan dari simulasi aerodinamika kendaraan tipe prototype Samaratungga EV adalah sebesar 0.2503 dan coefficient of lift sebesar 0.0512. Sedangkan pada desain modifikasi memiliki nilai coefficient of drag sebesar 0.1762 dan 0.1663 serta coefficient of lift sebesar -0.104 dan -0.0939. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah terjadi penurunan nilai coefficient of drag antara desain awal dan desain modifikasi serta terdapat perbedaan pola aliran udara yang terjadi di sekitar bodi Samaratungga EV.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107003056 | T50668 | T506682021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available