Text
PERANCANGAN SISTEM PENGEREMAN HYDRAULIC DISK BRAKE KENDARAAN PROTOTYPE BENSIN BERDASARKAN REGULASI SHELL ECO MARATHON (SEM)
Shell Eco Marathon (SEM) adalah sebuah ajang kompetisi mahasiswa ditingkat internasional dimana para peserta berpacu dalam merancang bangun sebuah kendaraan dengan konsep kendaraan masa depan yang efisien dan ramah lingkungan. Pada kompetisi ini regulasi diatur ketat demi keaman peserta saat mobil dikendaraai. Saat ini Universitas Sriwijaya memiliki tim yang bergerak dibidang otomotif bernama Sriwijaya Eco yang sedang dalam proses riset untuk membangun sebuah mobil dengan konsep prototype. Kendala yang dialami oleh tim tersebut terdapat pada sistem pengereman yang dimiliki tidak sesuai dengan regulasi SEM. Pada penelitian ini menganalisis gaya-gaya yang terjadi pada rem saat kendaraan diposisikan dalam bidang miring. Untuk menganalisa tegangan yang terjadi pada dudukan rem digunakan bantuan perangkat lunak Solidwork 2020. Hasil perhitungan gaya pada sistem rem didapat gaya gesek pengereman hydraulic sebesar 288 N. Dan total gaya untuk menghentikan mobil pada bidang miring adalah sebesar 161 N untuk roda depan dan 228 N pada bagian roda belakang. Pada hasil simulasi didapat nilai tegangan maksimum sebesar 110 N/mm^2 pada dudukan rem depan dan 135 N/mm^2 untuk dudukan rem belakang yang masih dibawah tegangan yang diijinkan material sebesar 251 N/mm^2 dengan faktor keamanan minum sebesar 3.2 dan 2.6 untuk masing-masing dudukan yang kemudian setelah dapat dinyatakan aman dilakukan proses manufaktur terhadap dudukan rem.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107003072 | T51750 | T517502021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available