Skripsi
TINJAUAN LABORATORIUM PENGGUNAAN ASPAL MODIFIKASI CRUMB RUBBER DAN LATEKS SIR 20 PADA FLEXIBLE PAVEMENT AC-WC DAN AC-BC TERHADAP INDEKS KEKUATAN SISA (IKS) DAN KEHILANGAN BERAT
Jalan merupakan prasarana yang menghubungkan suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Jalan diperlukan untuk memperlancar mobilitas dan aksesibilitas kegiatan sosial ekonomi, sosial serta untuk kemajuan daerah. Peningkatan volume lalu lintas dari tahun ke tahun menyebabkan kerusakan jalan. Untuk meningkatkan kualitas campuran aspal, mengurangi limbah ban bekas dan menstabilkan harga karet, maka campuran aspal dimodifikasi dengan penambahan crumb rubber dan lateks SIR 20. Penelitian ini berfokus pada perbandingan dan analisis campuran aspal standar, aspal dengan penambahan crumb rubber dan bitumen dengan penambahan lateks SIR 20. Metode pencampuran yang digunakan adalah metode campuran basah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kekuatan sisa kekuatan tertahan, dimana perhitungan parameter membandingkan nilai stabilitas benda uji perendaman selama 30 menit dan perendaman selama 24 jam, serta untuk mengetahui nilai susut bobot campuran menggunakan Loss Mesin abrasi Angeles dengan 300 putaran pada 30 kecepatan. -33 rpm tanpa bola baja. Untuk campuran aspal karet remah termodifikasi diperoleh indeks kuat tertahan dengan persentase tertinggi dengan persentase 93,43% untuk lapisan AC-WC, dan 93,903% untuk lapisan AC-BC. Sedangkan untuk nilai susut bobot, campuran aspal modifikasi lateks SIR 20 memperoleh nilai rata-rata paling kecil diantara campuran lainnya dengan 3,45% untuk lapisan AC-WC dan 5,35% untuk lapisan AC-BC.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107002925 | T49460 | T494602021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available