Skripsi
ANALISIS KINERJA STRUKTUR JEMBATAN BUNUT KOTA PRABUMULIH TANPA DAN DENGAN STRUKTUR PERKUATAN TERHADAP BEBAN INSIDENTAL CARGO 350 TON
Pada Februari 2021 terdapat sebuah truk cargo dengan muatan trafo sebesar 350 ton hendak mengantarkan trafo tersebut menuju kabupaten Tanjung Enim Sumatera Selatan. Untuk sampai ketujuan, truk cargo tersebut harus melewati Jembatan Bunut yang terletak di kota Prabumulih.. Hasil pada penelitian ini memperlihatkan bahwa kinerja struktur Jembatan Sungai Bunut A memiliki pada kedua software memiliki selisih perbedaan persentase rata-rata sebesar 7,33 % dimana hasil dari Software SAP 2000 memiliki hasil yang lebih besar daripada Software Civil Midas. Hasil pada kedua software tersebut menyatakan sebelum menggunakan struktur perkuatan eksisting tambahan, Jembatan Sungai Bunut A tidak sanggup menahan beban truk cargo 350 ton, terlihat dari momen dan dekfleksi yang dihasilkan akibat beban tersebut melampaui standar. Sementara itu, setelah diberi struktur perkuatan eksisting tambahan Jembatan Sungai Bunut A mampu untuk menahan beban truk cargo 350 ton, terlihat dari momen yang defleksi yang dihasilkan akibat beban tersebut berkurang secara signifikan dan tidak melampaui dari standar yang telah ditentukan. Penggunaan struktur perkuatan eksisting terdapat pemborosan dikarenakan hasil momen yang didapat terlampau jauh melebihi syarat batas. Maka dari itu dibuatlah struktur perkuatan optimum yang lebih efisien namun tetap sesuai dengan syarat batas. Terlihat dari penggunaan struktur perkuatan optimum dapat menghemat biaya dengan selisih persentase sebesar 8,38 % dari struktur perkuatan eksisting.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107002903 | T57690 | T576902021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available