Skripsi
KOMODIFIKASI KEMISKINAN PADA PROGRAM REALITY SHOW AIR MATA DOA TRANS TV TAHUN 2021
Penelitian ini ditunjukkan untuk mengetahui bagaimana sebuah fenomena kemiskinan diproduksi dan digambarkan melalui media massa. Program siaran yang diambil merupakan program milik Trans Tv dengan judul Air Mata Doa. Penelitian ini dianalisis dengan metode analisis semiotika model John Fiske yang dimana terdiri dari tiga level yaitu, level realitas, level representasi, dan level ideologi. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan paradigma kritis. Hasil dari penelitian ini adalah Program ini melakukan bentuk komodifikasi, dimana objek kemiskinan ditampilkan secara terang-terangan, proses editing yang berlebihan, backsound yang selalu lambat dah haru, Teknik kamera seperti close up, zoom in/zoom out hingga extreme close up secara berkala pada saat adanya scene menangis hal ini dilakukan agar bisa menarik minat penonton dalam tayangan tersebut. Ini juga tidak lepas dari ideologi kapitalis karena, Program reality show sanggup meraup keuntungan yang berlipat untuk para pemilik rumah produksi dan media, keuntungan itu dihasilkan dari iklan ataupun sponsor yang membanjiri di sela- sela siaran. Media biasanya melakukan apa saja agar bisa merubah suatu hal menjadi suatu komoditas.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107002522 | T56582 | T565822021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available