Text
Kinerja badan penanaman modal dan Pelayanan terpadu satu pintu kota Palembang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pelayanan perizinan yang tidak bisa
diselesaikan langsung di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota
Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara spesifik Kinerja Badan
Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palembang. Penelitian ini menggunakkan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja yang ada di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palembang sudah optimal, dilihat dari Masukan (Input) terbatasnya jumlah SDM yang bekerja BPM-PTSP Kota Palembang tidak mengurangi kinerja dari pegawai di karenakan pegawai memiliki kompetensi yang baik, Proses (Process) penyelesaian permohonan perizinan dapat diselesaiakan dengan cukup baik, namun masih terdapat proses permohonan perizinan yang tidak selesai di tempat di karenakan terbatasnya kewenangan BPM-PTSP Kota Palembang. Keluaran (Output) jumlah permohonan perizinan yang dikeluarkan oleh BPM-PTSP tergantung dengan jumlah pemohon dan terdapat SK yang diterbitkan tidak seimbang atau masih terdapat selisih jumlah. Berdasarkan hasil penelitian, penulis
merekomendasikan beberapa saran yaitu perlu adanya penambahan jumlah pegawai dan mengajukan peninjauan kembali terkait permasalahan pelimpahan sebagian kewenangan pengelolaan perizinan agar tidak terjadi tumpang tindih kewenangan dalam kegiatan pembuatan perizinan dan non perizinan di BMP-PTSP Kota Palembang
Kata Kunci : Kinerja, Pelayanan, Perizinan
No copy data
No other version available