Skripsi
KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV DENGAN MODEL PBL DI SMP N 1 PANGKALAN BARU
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemodelan matematika siswa terutama pada materi SPLDV. Untuk mengatasi hal tersebut, maka digunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemodelan matematika siswa pada materi SPLDV setelah diterapkan model pembelajaran PBL. Penelitian ini berlangsung di SMP N 1 Pangkalan Baru dengan melibatkan 16 orang siswa sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan teknik analisis data yaitu kuantitatif dan kualitatif berdasarkan indikator-indikator pemodelan matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil keseluruhan, kemampuan pemodelan matematika siswa berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata yaitu 54,80, dengan rincian 31,25% siswa berkategori baik, 56,25% siswa berkategori cukup dan 12,5% siswa berkategori kurang. Indikator kemampuan pemodelan matematika dengan persentase kemunculan paling tinggi yaitu mengidentifikasi masalah sebesar 89,06%, sedangkan untuk persentase kemunculan terendah yaitu indikator menganalisis dan menilai solusi sebesar 28,13%. Kemampuan pemodelan matematika yang selama ini siswa gunakan hanya meliputi indikator mengidentifikasi masalah, membuat asumsi dan mengidentifikasi variabel, serta melakukan matematika. Sedangkan untuk indikator menganalisis dan menilai solusi, serta memeriksa kembali dan menerapkan model belum mereka kenali sebelumnya.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107002740 | T61150 | T611502021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available