Skripsi
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES MENGGUNAKAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST DENGAN ANALISIS CONFIDENCE DISCRIMINATION QUOTIENT(CDQ)
Identifikasi miskonsepsi pada peserta didik perlu dilakukan sedini mungkin agar tidak menghambat proses penerimaan pengetahuan yang disampaikan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi materi hukum Archimedes. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripstif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 14 Bekasi dengan jumlah sampel sebanyak 63 peserta didik dari kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3. Metode yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah four tier diagnostic test yaitu 14 butir soal pilihan ganda yang terdiri dari 6 konsep yang diujikan. Hasil identifikasi diolah menggunakan perhitungan CDQ (Confidence Discrimination Quotient) dan pedoman interpretasi hasil four tier diagnostic test. Hasil penelitian ditemukan miskonsepsi peserta didik dari 6 konsep pada hukum Archimedes. Miskonsepsi tertinggi ditemukan pada konsep massa jenis dengan persentase sebesar 78% dan termasuk dalam miskonsepsi tingkat tinggi. Sedangkan , penyebab terjadinya miskonsepsi pada peserta didik dikarenakan pembelajaran yang dilakukan secara dalam jaringan serta kurangnya minta belajar dari peserta didik. Kata kunci: four tier diagnostic test, miskonsepsi
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107002738 | T60617 | T606172021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available