Skripsi
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO MELALUI PENDEKATAN PMRI DAN COLLABORATIVE LEARNING SISWA KELAS IX
Pada pembelajaran dengan materi bilangan berpangkat siswa sangat diperlukan untuk memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi bilangan berpangkat menggunakan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning siswa kelas IX. Subjek yang digunakan oleh peneliti adalah siswa SMP Srijaya Negara Palembang kelas IX.B yang berjumlah 21 Siswa dari 29 Siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari kemampuan pemahaman konsep siswa ketika setelah dilakukannya penelitian dengan pembelajaran menggunakan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning pada materi bilangan berpangkat kelas IX.B yang dilakukan di SMP Srijaya Negara Palembang adalah Baik dan dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 66,65. Hal ini dapat dilihat bahwa indikator yang sering muncul adalah Menyatakan ulang sebuah konsep dan untuk indikator yang jarang muncul adalah indikator Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis. Media video yang digunakan oleh peneliti berisi permasalahan sharing task dan jumping task. Dengan diadakannya pembelajaran di kelas menggunakan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning, hal ini dapat membuat kemampuan pemahaman konsep siswa menjadi baik.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107002734 | T60858 | T608582021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available