Skripsi
KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO MELALUI PENDEKATAN PMRI DAN COLLABORATIVE LEARNING SISWA KELAS VII
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis setelah dilaksanakan proses pembelajaran menggunakan media video dengan pendekatan PMRI dan pembelajaran kolaboratif pada siswa kelas VII dengan materi pokok bilangan bulat. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII.A SMP Srijaya Negara Palembang yang berjumlah 23 siswa dari total 32 siswa, penelitian ini terdiri dari dua pertemuan, pertemuan pertama adalah proses pembelajaran menggunakan media video dengan PMRI. dan Pembelajaran kolaboratif dan pada pertemuan kedua diujicobakan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes tertulis dan wawancara serta teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan media video dengan pendekatan PMRI dan pembelajaran kolaboratif pada materi bilangan bulat di kelas VII.A ditemukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII. Siswa SMP Srijaya Negara Palembang pada materi bilangan bulat baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 69,61. Indikator dominan yang muncul dalam penelitian ini adalah indikator mengajukan dugaan, sedangkan indikator yang muncul sangat sedikit dalam penelitian ini adalah indikator penarikan kesimpulan. Dengan adanya proses pembelajaran yang menggunakan media video dengan PMRI dan Collaborative Learning dapat membuat kemampuan penalaran matematis siswa menjadi lebih baik dalam mengikuti kegiatan proses pembelajaran.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107002733 | T60808 | T608082021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available