Skripsi
DESAIN PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR KUANTITATIF UNTUK SISWA SMA
Penelitian ini merupakan design research tipe validation studies yang bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar pada pembelajaran topik geometri materi dimensi tiga untuk mendukung kemampuan berpikir kuantitatif siswa dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Akan dibuat Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang berisi aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan dikelas. Aktivitas yang dibuat juga didampingi oleh lembar kerja peserta didik (LKPD) yang terdiri dari 2 permasalahan untuk mendukung proses pembelajaran. Subjek penelitian yaitu siswa SMA Negeri 1 Palembang kelas XII MIPA 7 sebanyak 36 orang siswa, sedangkan fokus penelitian yaitu 6 orang siswa. Metode penelitian terdiri dari tiga tahapan yaitu : (1) preparation phase; (2) design experiment yang terbagi menjadi pilot experiment dan teaching experiment; (3) retrospective analysis. Penelitian dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting dan luring. Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini adalah dokumen, tes tertulis dan wawancara. Data penelitian dikumpulkan dan akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar yang diperoleh dapat berguna untuk mendukung kemampuan berpikir kuantitatif siswa pada materi dimensi tiga dengan indikator yang muncul pada penelitian ini adalah indikator mempertahankan, mengukur ruang dan hubungan spasial, penganalisisan pengintegrasian dan ketepatan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107002732 | T60791 | T607912021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available