Skripsi
KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA MELALUI BLENDED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa di SMP Negeri 40 Palembang melalui blended learning berbasis pendekatan PMRI pada materi bentuk aljabar yaitu operasi perkalian dan pembagian bentuk aljabar. Penelitian ini dilakukan karena masih banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami, merumuskan, serta menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada materi bentuk aljabar. Pada penelitian ini dibagikan soal tes yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 40 Palembang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII.11. Prosedur pelaksanaan pada penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis data. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan terpilihnya tiga orang siswa yaitu berkemampuan tinggi, sedang, rendah. Dari keenam komponen kemampuan literasi matematis, terdapat dua komponen yang paling sering muncul, yaitu (1) komponen komunikasi dan (2) komponen menggunakan bahasa operasi simbol, formal dan teknis. Komponen yang jarang muncul yaitu (1) komponen matematisasi, (2) komponen representasi, (3) komponen penalaran dan argumen serta (4) komponen memilih strategi untuk memecahkan masalah.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107002731 | T60938 | T609382021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available