Skripsi
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING PADA MATERI PROGRAM LINEAR DUA VARIABEL KELAS XI
Kemampuan berpikir kritis peserta didik sangat penting untuk dikembangkan dan dikuasai karena berkaitan dengan penyelesaian masalah secara rasional, logis, dan sistematis. Beberapa penelitian menyatakan kemampuan berpikir kritis peserta didik masih tergolong rendah pada materi program linear dua variabel. Salah satu cara yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan pembelajaran yang inovatif seperti blended learning. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui implementasi blended learning pada materi program linear dua variabel di kelas XI. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen berupa lembar angket, tes tertulis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa indikator kemampuan berpikir kritis yang banyak muncul adalah memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, serta menentukan strategi dan taktik. Sedangkan indikator kemampuan berpikir kritis yang sedikit muncul adalah memberikan penjelasan lebih lanjut. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Blended Learning, Program Linear Dua Variabel.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107002595 | T61142 | T611422021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available